11.22.2010

Classes for Two (Part I)

Demi Lil’ B, kita berdua rela menyeret badan bangun pagi di akhir minggu buat ikutan kelas ini itu (knapa sih kelas-kelas yang berhubungan dengan kehamilan harus diadain pagi-pagi amat? huhu).
1. Hypnobirthing
Jujur, awalnya daftar kelas ini cuma karena sok tau aja waktu diajak sama Dinda. Menggangguk setuju padahal gatau juga apa itu si Hypnobirthing. Awalnya kirain itu kelas tentang melahirkan di air, ups..ternyata itu Water Birth *agak jauh juga yah?*
Kelasnya diadain dua hari berturut-turut, Sabtu jam 1.30 siang dan Minggu jam 9 pagi. Mau pagi atau siang, tetep aja kita berdua telat datang hihihi *faktor manajemen waktu yang buruk dan kemalasan tingkat tinggi*
Sesi pertama isinya teori, tentang apa itu hypnobirthing, bagaimana kita berpikir positif tentang kehamilan dan melahirkan, cara melakukan relaksasi dan cara komunikasi dengan janin.
Tips hari pertama: bawalah makanan cadangan di tas. Snacknya sih enak, tapi buat kita berdua kurang banyak ;p Konsentrasi kita sampai hilang waktu ada tukang jajan lewat depan rumah teriak “Siomaaaaayyyy”.
Akhir kelas ada sesi relaksasi benerannya yang pake lagu trus kita disuruh bayangin lagi ada di hutan de el el…dan gue dengan suksesnya tertidur pulas.
Sesi kedua jauh lebih menyenangkan untuk para ibu hamil karena isinya praktek tentang berbagai cara memijat oleh suami, yippiieee!!! C’mon Hubby, make urself useful hehe…
Diajarin juga tentang titik accupressure untuk mengurangi rasa sakit dimana kita duduk hadap2an trus pasangan menepuk2 titik tertentu. Praktek yang ini ga pernah berhasil berhubung muka si Didi yang sok serius itu dudul banget and I can’t help to laugh…
Di akhir sesi ada praktek pijat Endorphin atau dengan kata lain pijat sentuhan. Pijat yang ini mengharukaaaannnn hicks karena lagunya mellow trus kata-kata pengantarnya begitu menyentuh…bahkan sampai ada pasangan yang suami isteri dua-duanya mpe nangis, sungguh! You can feel the love in the air *drama*
Sebagai penutup, therapistnya putar video tentang janin di kandungan selama kehamilan 9 bulan. baguuusss banget…dan sekali lagi berhasil membuat si pasangan yang tadi menangis kembali terisak-isak diikuti dengan sroooooottttt (at this stage, me and Mr.D were sure that they’re just too a lil bit melancholy). Sampai diniatin begitu pulang dari kelas untuk download dari youtube hehe. Here’s the video which we would like to share with you..
Tips nonton video: cahaya remang-remang dengan volume keras dan suasana hening
Overall, kelasnya guna banget dan menyenangkan…sayang kita jarang males latihan. Setiap mau relaksasi, baru denger lagunya aja gue dah tidur pules hehe…
Untuk info lebih lanjut mengenai kelasnya dan jadwal kelasnya bisa dilihat disini yah.
2. Kelas Menyusui
Kelas ini nama sebenernya Breastfeeding Basics (lebih menarik kalau disebut kelas menyusui bukan? ;p) dan diadain sama Aimi. Tujuan ikut kelas lagi-lagi ngikut si Dinda *role model bener deh hehe*

Lagi-lagi kelasnya diadain di pagi hari, jam 8.30 ajah…dan lagi-lagi kita berdua telat (We declare ourself as the ‘Karet’ couple, perut karet dan jam karet *sigh*).
Sesuai dengan judulnya, materi kelas pastinya seputar pemberian ASI seperti manfaatnya, tujuannya, berbagai posisi untuk pemberian ASI, pelekatan (latch on) dan serba serbi IMD (Inisiasi Menyusui Dini).
Sebelum dan sesudah kelas dikasi kuis buat ngetes peserta lemot sukses menyerap materi atau ga. Didi luar biasa ambisius menjawab setiap pertanyaan *walau ada unsur nyonteknya*, sayang ga dapat hadiah. Giliran ada kuis yang dapat hadiah, disuruh praktek posisi menyusui. Gue yakin 100%, kalo pertanyaan bukan itu Didi pasti langsung tunjuk tangan buat jawab…im a proud wifey hihihi.
Buat para suami, dijamin ga nyesel nemenin isterinya buat ikut kelas ini. Soalnya sepanjang kelas banyak diputer video-video peragaan yang…of course…involves BOOBS!!! Yup, its boobs everywhere…various kinds of boobs.
Untuk para amatir dalam dunia per-ASI-an seperti gue dan Didi, kelas menyusui ini berguna banget kok dan bikin gue kita makin semangat buat kasi ASI karena manfaatnya yang luar biasa (selain karena alasan menghemat uang buat beli susu formula hehe).
Untuk info lebih lanjut mengenai jadwal kelas edukasi, bisa dilihat disini yah.
Kelas-kelas yang kita ikutin sejauh ini sih sangat informatif dan edukatif. Selain karena informasi yang kita dapat, juga karena ada unsur sharing dari pengisi materi sama peserta lain yang udah punya anak sebelumnya. Worth it banget sama pengorbanan kita untuk bangun pagi di hari Sabtu dan Minggu.
Tips for the wifey: seretlah para suami dari tempat tidur bagaimanapun caranya. Cause they’re support and attendance next to you means a lot and does make a difference.
Love Mr.D more for being there all the times (there..i've said good things bout you Mr.D, now give me my Quickly and Mie Ayam Kampung).

No comments: